UTS KREATIF ADVERTISING
I. Ruang lingkup iklan menjadi 5 bagian
a. Audio (radio)
Iklan yang hanya dapat didengarkan
melalui audio (suara).
b. Event (Exhibition)
Event merupakan keikutsertaan brand dalam
sebuah acara. Event tersebut bisa olahraga, seperti yang dilakukan brand
Djarum. Dalam hal ini perusahaan yang mempunyai brand biasanya menjadi
sponsorship atau memberikan sejumlah dana untuk penyelenggaraan acara tersebut
c. Audio Visual (TVC)
Televisi adalah media yang dapat
menghasilkan gambar, suara, gerak. Jadi lingkup iklan di sini akan lebih
menarik.
d. Print Ad
Iklan media cetak atau luar ruang,
contohnya Reklame yang biasa kita lihat dipiggir jalan
e. MOL (Media Online)
Iklan yang dipasarkan melalui situs web.
Zaman sekarang ini semakin banyak orang yang menggunakan internet dan dengan
lingkup media online pemasaran iklan menjadi lebih mudah dengan tujuan meraih
keuntungan. Misalnya, iklan pada social media seperti youtobe.
II. Tahapan Penyampaian Pesan
Ada empat macam
penyusunan pesan yang bersifat informatif, yakni:
a.
Space Order
Penyusunan pesan yang melihat kondisi tempat atau ruang,
seperti internasional, nasional dan daerah.
b.
Time Order
Penyusnan pesan berdasarkan waktu dan periode yang disusun
secara kronologis
c.
Deductive Order
Penyusunan pesan mulai dari yang umum hingga khusus
d.
Penyusunan pesan
yang dimulai dari hal-hal yang bersifat khusus ke umum.
Penyusunan pesn yang
bersifat persuasif, yakni:
a.
Fear appeal
Metode penyusunan atau penyimpanan pesan dengan menimbulkan
rasa ketakutan pada khalayak
b.
Emotional appeal
Cara penyusunan atau penyampaian pesan yang berusaha
menggunggah emosional khalayak
c.
Reward appeal
Cara penyusunan atau penyampaian pesan dengan cara
janji-janji kepada khalayak
d.
Motivational appeal
Teknik penyusunan pesan yang dibuat bukan karena janji-janji,
tetapi disusun untuk menumbuhkan internal psikologis khalayak sehingga mereka
dapat mengikuti pesan-pesan itu.
e.
Humoris appeal
Teknik penyusunan pesan yang disertai humor, sehingga dalam penerimaan
pesan khalayak tidak merasa jauh.
III. contoh Iklan menggunakan teori semiotik menurut CS Peirce
Terdapat gambar sebuah lampu yang dipakaikan selimut diberi icon mata yang sudah menutup. Dalam Iklan ini menggunakan
teori semiotik menurut CS Peirce
Menggunakan tanda,
dengan keterangan tidur atau istirahat
Menggunakan objek,
sebuah lampu
Pesan yang
disampaikan, istirahatkan lampu atau matikan lampu jika tidak digunakan.
IV. Semiotika dalam
unsur pesan iklan
Semiotika Komunikasi
adalah, semiotika yang menekankan pada aspek produksi tanda daripada sistem
tanda. Simeotika bertumpu pada pekerja tanda, memproduksikan dalam rangka
sebuah bahasa yang bermakna. Seperti iklan motor yahama NMX yang menggunakan
pebalap MotorGP. Ini sebuah tanda kalau pebalap terkenal mengakui akan
ketangguhan motor NMX.
1.
V. Perencanaan Makna
Pesan.
a. Kerangka pesan harus disiapkan dengan baik
b. Membuat pesan mudah dimengerti dengan menggunakan suatu tanda
c. Pesan dapat memiliki arti yang bermakna.
Contoh:
Saya ingin
menyampaikan pesan berupa “Buku adalah jendela dunia”.
Cara penyampaian
pesannya adalah:
Ketika seseorang
melihat sebuah buku, lalu orang itu memegangnya. Dan ketika dibuka, buku
tersebut berubah menjadi sebuah jendela, lalu orang itu sangat penasaran apa
yang dipegangnya, ketika ia membuka halaman selanjutnya buku tersebut berubah
menjadi gambar peta dunia.
Jadi, pesan yang
disampaikan adalah, ketika seseorang membuka buku maka ia akan memiliki banyak
wawasan yang cerah seperti ia membuka jendela untuk melihat dunia.
VI. Single Message
Contohnya pada iklan
Fatigon.
Ketika Ari Wibowo
Protes ke Indy Berens saat membatalkan janji karena kecapean oleh ganasnya
macetan: “ masa pemecah rekor kalah sama capek? Minum fatigon dong, biar oke!”
Dalam iklan tersebut
Dwi Sapta menggunakan pendektan single
Message dengan focus pada core
benefit fatigon yaitu pengurang rasa capek. Iklan tersebut berfocus pad kata
“capek” .
VII. Contoh iklan kreatif
a. Menggunakan daya tarik celebritis
Iklan Handphone
OPPO memilih Raisa dan Isyana sebagai brand ambasador karena keduanya sedang
naik daun dan memiliki daya tarik.
b. Iklan komperatif
Iklan bolt
menggunakan kata-kata “penyediaan sinyal 4G LTE nomer 1 di Indonesia”. Ini
berarti bolt merasa yang terhebat daripada brand lain yang sejenis.
c. Iklan positif
Seperti matikan
rokok sebelum rokok mematikanmu. Iklan layanan masyarakat ini mengingatkan akan
bahaya merokok
d. Iklan humoris
Iklan Djarum 76
filter Gold, yang menampilkan seseorang yang menemukan jin dengan teko ajaib
yang dapat mengabulkan satu permintaannya, ia meminta agar terkenal dan fotonya
terdapat dimana-mana. Lalu permintaan itu dikabulkan dan wajahnya tampil
sebagai iklan pengingat dalam bungkus rokok, yang tidak sesuai dengan
harapannya.
e. Iklan rasa takut
Iklan permen
nano yang menampilkan objek suster ngesot. Ini membuat para penonton berkhayal
dan memiliki rasa takut yang lebih tinggi
f.
Iklan rasa salah
Iklan sunlight
menampilkan makanan yang penuh minyak dan lemak. Rasa takut timbul kalau tempat
bekas makanan tersebut tidak dapat hilang dan bersih kembali. Tetapi dengan
adanya sunlight tempat makan tersebut kembali bersih dan kesat.
g. Iklan emosional
Iklan HP
Samsung Z2, ketika seorang nenek menggunakan HP yang cukup lama, dan gangguan
sinyal. Lalu diledek oleh anak muda “HP MASA GITU?” sambil menunjukan HP
Samsung Z2 miliknya, terbaru dan lebih canggih
Komentar
Posting Komentar