UTS KREATIF ADVERTISING


I. Ruang lingkup iklan menjadi 5 bagian
a.      Audio (radio)
Iklan yang hanya dapat didengarkan melalui audio (suara).
b.      Event (Exhibition)
Event merupakan keikutsertaan brand dalam sebuah acara. Event tersebut bisa olahraga, seperti yang dilakukan brand Djarum. Dalam hal ini perusahaan yang mempunyai brand biasanya menjadi sponsorship atau memberikan sejumlah dana untuk penyelenggaraan acara tersebut
c.       Audio Visual (TVC)
Televisi adalah media yang dapat menghasilkan gambar, suara, gerak. Jadi lingkup iklan di sini akan lebih menarik.
d.      Print Ad
Iklan media cetak atau luar ruang, contohnya Reklame yang biasa kita lihat dipiggir jalan
e.      MOL (Media Online)

Iklan yang dipasarkan melalui situs web. Zaman sekarang ini semakin banyak orang yang menggunakan internet dan dengan lingkup media online pemasaran iklan menjadi lebih mudah dengan tujuan meraih keuntungan. Misalnya, iklan pada social media seperti youtobe.

II.  Tahapan Penyampaian Pesan
Ada empat macam penyusunan pesan yang bersifat informatif, yakni:
a.      Space Order
Penyusunan pesan yang melihat kondisi tempat atau ruang, seperti internasional, nasional dan daerah.
b.      Time Order
Penyusnan pesan berdasarkan waktu dan periode yang disusun secara kronologis
c.       Deductive Order
Penyusunan pesan mulai dari yang umum hingga khusus
d.      Penyusunan pesan yang dimulai dari hal-hal yang bersifat khusus ke umum.

Penyusunan pesn yang bersifat persuasif, yakni:
a.      Fear appeal
Metode penyusunan atau penyimpanan pesan dengan menimbulkan rasa ketakutan pada khalayak
b.      Emotional appeal
Cara penyusunan atau penyampaian pesan yang berusaha menggunggah emosional khalayak
c.       Reward appeal
Cara penyusunan atau penyampaian pesan dengan cara janji-janji kepada khalayak
d.      Motivational appeal
Teknik penyusunan pesan yang dibuat bukan karena janji-janji, tetapi disusun untuk menumbuhkan internal psikologis khalayak sehingga mereka dapat mengikuti pesan-pesan itu.
e.      Humoris appeal
Teknik penyusunan pesan yang disertai humor, sehingga dalam penerimaan pesan khalayak tidak merasa jauh.

III. contoh Iklan menggunakan teori semiotik menurut CS Peirce 


Terdapat gambar sebuah lampu yang dipakaikan selimut diberi icon mata yang sudah menutup. Dalam Iklan ini menggunakan teori semiotik menurut CS Peirce
Menggunakan tanda, dengan keterangan tidur atau istirahat
Menggunakan objek, sebuah lampu
Pesan yang disampaikan, istirahatkan lampu atau matikan lampu jika tidak digunakan.

IV. Semiotika dalam unsur pesan iklan
Semiotika Komunikasi adalah, semiotika yang menekankan pada aspek produksi tanda daripada sistem tanda. Simeotika bertumpu pada pekerja tanda, memproduksikan dalam rangka sebuah bahasa yang bermakna. Seperti iklan motor yahama NMX yang menggunakan pebalap MotorGP. Ini sebuah tanda kalau pebalap terkenal mengakui akan ketangguhan motor NMX.

1.      V. Perencanaan Makna Pesan.
a.      Kerangka pesan harus disiapkan dengan baik
b.      Membuat pesan mudah dimengerti dengan menggunakan suatu tanda
c.       Pesan dapat memiliki arti yang bermakna.
Contoh:
Saya ingin menyampaikan pesan berupa “Buku adalah jendela dunia”.
Cara penyampaian pesannya adalah:
Ketika seseorang melihat sebuah buku, lalu orang itu memegangnya. Dan ketika dibuka, buku tersebut berubah menjadi sebuah jendela, lalu orang itu sangat penasaran apa yang dipegangnya, ketika ia membuka halaman selanjutnya buku tersebut berubah menjadi gambar peta dunia.
Jadi, pesan yang disampaikan adalah, ketika seseorang membuka buku maka ia akan memiliki banyak wawasan yang cerah seperti ia membuka jendela untuk melihat dunia. 


VI. Single Message
Contohnya pada iklan Fatigon.
Ketika Ari Wibowo Protes ke Indy Berens saat membatalkan janji karena kecapean oleh ganasnya macetan: “ masa pemecah rekor kalah sama capek? Minum fatigon dong, biar oke!”
Dalam iklan tersebut Dwi Sapta menggunakan pendektan single Message  dengan focus pada core benefit fatigon yaitu pengurang rasa capek. Iklan tersebut berfocus pad kata “capek” .

VII.  Contoh iklan kreatif
a.      Menggunakan daya tarik celebritis
Iklan Handphone OPPO memilih Raisa dan Isyana sebagai brand ambasador karena keduanya sedang naik daun dan memiliki daya tarik.

b.      Iklan komperatif
Iklan bolt menggunakan kata-kata “penyediaan sinyal 4G LTE nomer 1 di Indonesia”. Ini berarti bolt merasa yang terhebat daripada brand lain yang sejenis.

c.       Iklan positif
Seperti matikan rokok sebelum rokok mematikanmu. Iklan layanan masyarakat ini mengingatkan akan bahaya merokok

d.      Iklan humoris
Iklan Djarum 76 filter Gold, yang menampilkan seseorang yang menemukan jin dengan teko ajaib yang dapat mengabulkan satu permintaannya, ia meminta agar terkenal dan fotonya terdapat dimana-mana. Lalu permintaan itu dikabulkan dan wajahnya tampil sebagai iklan pengingat dalam bungkus rokok, yang tidak sesuai dengan harapannya.

e.      Iklan rasa takut
Iklan permen nano yang menampilkan objek suster ngesot. Ini membuat para penonton berkhayal dan memiliki rasa takut yang lebih tinggi

f.        Iklan rasa salah
Iklan sunlight menampilkan makanan yang penuh minyak dan lemak. Rasa takut timbul kalau tempat bekas makanan tersebut tidak dapat hilang dan bersih kembali. Tetapi dengan adanya sunlight tempat makan tersebut kembali bersih dan kesat.

g.      Iklan emosional
Iklan HP Samsung Z2, ketika seorang nenek menggunakan HP yang cukup lama, dan gangguan sinyal. Lalu diledek oleh anak muda “HP MASA GITU?” sambil menunjukan HP Samsung Z2 miliknya, terbaru dan lebih canggih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Short Copy dan Long Copy

Perbedaan antara Tanda (Icon) dengan Simbol

UTS CREATIVE ADVERTISING (REVISI)