UTS CREATIVE ADVERTISING (REVISI)

I. Ruang lingkup iklan menjadi 5 bagian

a.      Audio (radio)
Iklan yang hanya dapat didengarkan melalui audio (suara).
b.      Event (Exhibition)
Event merupakan keikutsertaan brand dalam sebuah acara. Event tersebut bisa olahraga, seperti yang dilakukan brand Djarum. Dalam hal ini perusahaan yang mempunyai brand biasanya menjadi sponsorship atau memberikan sejumlah dana untuk penyelenggaraan acara tersebut
c.       Audio Visual (TVC)
Televisi adalah media yang dapat menghasilkan gambar, suara, gerak. Jadi lingkup iklan di sini akan lebih menarik.
d.      Print Ad
Iklan media cetak atau luar ruang, contohnya Reklame yang biasa kita lihat dipiggir jalan
e.      MOL (Media Online)
Iklan yang dipasarkan melalui situs web. Zaman sekarang ini semakin banyak orang yang menggunakan internet dan dengan lingkup media online pemasaran iklan menjadi lebih mudah dengan tujuan meraih keuntungan. Misalnya, iklan pada social media seperti youtobe.


II. Tahapan Penyampaian Pesan

Ada 5 tahapan penyampaian pesan :
  1. Appersepsi : pembukaan, iklan menggunakan pengantara pembukaan dalam pesan
  2. Build Up : membangun pesan dan merancang pesan dan merancang pesan tersebut yang akan kita sampaikan
  3. Climax : puncak pesan
  4. Turning Down : setelah pesan disampaikan secara klimaks
  5. Twist : iklan di sajikan dengan humor. sehingga pesan mudah dipahami

III. contoh Iklan menggunakan teori semiotik menurut CS Peirce 



Fedex adalah salah satu perusahaan penyedia jasa ekspedisi antar negara lintas benua, pesan tersebut sangat ringkas, dan mudah dimengerti. menggambarkan ketersediaan jasa ekspedisi kemanapun.

IV. Semiotika dalam unsur pesan iklan
Semiotika Komunikasi adalah, semiotika yang menekankan pada aspek produksi tanda daripada sistem tanda. Simeotika bertumpu pada pekerja tanda, memproduksikan dalam rangka sebuah bahasa yang bermakna. Seperti iklan motor yahama NMX yang menggunakan pebalap MotorGP. Ini sebuah tanda kalau pebalap terkenal mengakui akan ketangguhan motor NMX.

1.      V. Perencanaan Makna Pesan.
a.      Kerangka pesan harus disiapkan dengan baik
b.      Membuat pesan mudah dimengerti dengan menggunakan suatu tanda
c.       Pesan dapat memiliki arti yang bermakna.
Contoh:
Saya ingin menyampaikan pesan berupa “Buku adalah jendela dunia”.
Cara penyampaian pesannya adalah:
Ketika seseorang melihat sebuah buku, lalu orang itu memegangnya. Dan ketika dibuka, buku tersebut berubah menjadi sebuah jendela, lalu orang itu sangat penasaran apa yang dipegangnya, ketika ia membuka halaman selanjutnya buku tersebut berubah menjadi gambar peta dunia.
Jadi, pesan yang disampaikan adalah, ketika seseorang membuka buku maka ia akan memiliki banyak wawasan yang cerah seperti ia membuka jendela untuk melihat dunia. 


VI. Single Message
Contohnya pada iklan Fatigon.
Ketika Ari Wibowo Protes ke Indy Berens saat membatalkan janji karena kecapean oleh ganasnya macetan: “ masa pemecah rekor kalah sama capek? Minum fatigon dong, biar oke!”
Dalam iklan tersebut Dwi Sapta menggunakan pendektan single Message  dengan focus pada core benefit fatigon yaitu pengurang rasa capek. Iklan tersebut berfocus pad kata “capek” .

VII.  Contoh iklan kreatif

a.    Iklan humoris
Iklan Djarum 76 filter Gold, yang menampilkan seseorang yang menemukan jin dengan teko ajaib yang dapat mengabulkan satu permintaannya, ia meminta agar terkenal dan fotonya terdapat dimana-mana. Lalu permintaan itu dikabulkan dan wajahnya tampil sebagai iklan pengingat dalam bungkus rokok, yang tidak sesuai dengan harapannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Short Copy dan Long Copy

Perbedaan antara Tanda (Icon) dengan Simbol