Iklan di atas adalah ide kreatif saya dengan memodifikasi iklan yang sudah ada.
iklan tersebut adalah iklan minuman bermerek sprite, yang iklannya sudah banyak diketahui masyarakat.
I. Apa itu Short Copy? Sebuah artikel yang ditulis secara ringkas, hanya inti dari artikel tersebut. Short copy berfungsi sebagai penyampaian informasi, perintah atau pemberitahuan sesuatu terhadap orang yang mudah dipahami. Misalnya: tagline, powerpoint contoh : Dalam gambar jelas disampaikan bahwa "apapun makanan kita sudah pasti minumnya Teh Botol Sosro" ini merupakan tagline yang sangat jelas dari sebuah produk minuman yang diproduksi Sosro. Apa saja yang dibutuhkan Short Copy? 1. Penyebutan langsung 2. Kata-kata mudah diingat 3. Menarik perhatian 1. Pesan yang disampaikan mudah dan jelas II. Apa itu Long Copy? Sebuah artikel yang ditulis secara detil dan mencakup seluruh bagian yang akan disampaikan dalam artikel tersebut. Long copy berfungsi untuk memberikan lebih jelas dan detil tentang sebuah informasi (produk) yang baru atau yang terupdate. Misalnya : Esai, Proposal, Majalah, Ko
Tanda (Icon) Tanda merupakan konsep utama sebagai bahan analisis terdapat makna sebagai arti pesan yang ingin disampaikan. Secara sederhana tanda merupakan bentuk visual atau fisik yang ditangkap oleh manusia. Contoh Tanda: Tanda di atas adalah sebuah tanda rambu lalu lintas yang semua pengguna jalan sudah pasti memahami artinya, yaitu di larang memutar balik. Tanda tersebut berbentuk visual untuk mempermudah orang lain memahami makna dari tanda tersebut. Dengan adanya tanda itu, maka tidak perlu lagi orang bertanya apakah boleh memutar balik? Karena tanda sudah mewakili makna pesan yang disampaikan. Simbol Simbol merupakan tanda yang bersifat mewakili sebuah hal yang lebih besar yang ada dibelakangnya. Simbol juga biasanya menunjukan arti yang telah disepakati bersama. Contohnya logo sebuah perusahaan. Contoh Simbol: Simbol tersebut adalah simbol Kompas Gramedia, simbol tersebut termasuk logo perusahaan. Saat ini sudah banyak yang mengetahui maksud
I. Ruang lingkup iklan menjadi 5 bagian a. Audio (radio) Iklan yang hanya dapat didengarkan melalui audio (suara). b. Event (Exhibition) Event merupakan keikutsertaan brand dalam sebuah acara. Event tersebut bisa olahraga, seperti yang dilakukan brand Djarum. Dalam hal ini perusahaan yang mempunyai brand biasanya menjadi sponsorship atau memberikan sejumlah dana untuk penyelenggaraan acara tersebut c. Audio Visual (TVC) Televisi adalah media yang dapat menghasilkan gambar, suara, gerak. Jadi lingkup iklan di sini akan lebih menarik. d. Print Ad Iklan media cetak atau luar ruang, contohnya Reklame yang biasa kita lihat dipiggir jalan e. MOL (Media Online) Iklan yang dipasarkan melalui situs web. Zaman sekarang ini semakin banyak orang yang menggunakan internet dan dengan lingkup media online pemasaran iklan menjadi lebih mudah dengan tujuan meraih keuntungan. Misalnya, iklan pada social media seperti youtobe. II. Tahapan
Komentar
Posting Komentar