Contoh Iklan TVC yang Menggunakan Teori Segitiga Semiotik Menurut Peirce



Iklan TVC ini adalah iklan yang dipersembahkan oleh salah satu maskapai penerbangan bertarif rendah yang berpusat di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Air Asia sendiri adalah maskapai swasta terbesar di Malaysia dan maskapai bertarif rendah di Asia Tenggara.

Pada awalnya iklan ini menceritakan tentang keindahan Jepang, termasuk orang-orangnya, makanan khas Jepang, hingga tempat-tempat unik di Jepang. Dan banyak orang bilang Jepang itu tempat liburan impian, karena semua keanehan dan keunikannya menjadi daya tariknya. 

Setelah itu, berlanjut untuk memperkenalkan bahwa Air Asialah yang memberikan tiket penerbangan dengan harga terjangkau untuk kita bisa berlibur ke Jepang.

Mengapa harus Jepang?
karena menurut kebanyakan orang, Jepang termasuk negara yang sangat menarik, unik, dan menjadi tempat liburan impian. Namun, tiket penerbangan ke Jepang tidak ada yang murah. Dan Air Asia memberikan harga yang berbeda dengan maskapai lainnya.

Iklan ini sangat kreatif, karena awalnya iklan tidak langsung menunjukan apa brand mereka. Tetapi, menjelaskan sebuah negara yang banyak diimpikan.
Iklan ini menunjukan objeknya lalu menyampaikan pesannya. 
Menurut saya, Iklan ini menggunakan teori segitiga Semiotik menurut Peirce.
Teori ini memiliki tiga elemen utama, yakni :
1. Tanda
2. Objek
3. Interpretant.

Tandanya adalah, orang (fisik) yang terdapat pada iklan tersebut
objeknya adalah, konteks sosial yaitu keterangan tentang negara Jepang
interpretant adalah, konsep pemikiran orang tentang Jepang dan bisa berlibur ke sana.

Iklan yang unik, kreatif dan memberikan pengetahuan tentang Jepang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Short Copy dan Long Copy

Perbedaan antara Tanda (Icon) dengan Simbol

UTS CREATIVE ADVERTISING (REVISI)